Tips Bagi Pemula Yang Mau Belajar Coding

Saat Anda baru mengenal pengkodean, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai, dan mudah untuk tersesat ke jalur yang dapat menghabiskan banyak waktu dan uang Anda. Jadi berikut ini adalah beberapa tip favorit saya untuk anda yang belajar coding.

Anda tidak perlu ikut di kampus tertentu jika ingin mahir melakukan coding. Anda bisa melakukan ini secara otodidak dengan membaca banyak referensi. Di Indonesia sendiri belum banyak kampus yang diakui masalah coding ini.

Malah sebagian besar kampus masih sangat tertinggal dalam hal yang satu ini. Di luar sana ada banyak sekali praktisi coding yang lebih berkualitas dari yang ada di dunia akademik.

Jika anda baru memulai belajar coding, maka cobalah untuk memulai dari JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman paling populer di dunia. Ini adalah bahasa standar platform web, dan juga sangat umum digunakan untuk membuat kode aplikasi seluler. Anda bahkan dapat memprogram robot, drone, dan game dengan JavaScript.

Perbanyak latihan dalam membuat berbagai program dengan menggunakan coding yang anda dalami. Semakin banyak anda melakukan pemecahan masalah, maka akan semakin berpengalaman anda dalam penggunaan coding dari suatu bahasa pemrograman. Anda tidak akan pernah bisa benar-benar menguasai bahasa pemrograman dengan hanya membaca teori saja.

Cara terbaik mempelajari coding adalah dengan membuat kode untuk fungsi yang anda inginkan. Banyak siswa memulai dengan membaca buku. Ini cara yang umum dilakukan oleh banyak orang. Tapi jika anda mau cepat menguasai bahasa pemrograman, maka sangat disarankan agar anda belajar dari seorang mentor. Saat ini sudah banyak programmer yang membuka layanan kursus programming online.

Jika anda mengambil kursus coding, maka anda akan dengan mudah mempunyai akses untuk melihat berbagai kode yang sudah jadi. Belajar langsung dengan melihat kode yang sudah jadi akan sangat membantu anda dalam mengenali cara kerja kode tersebut. Ini adalah sesuatu yang sangat menguntungkan jika anda belajar programming dari mereka yang sudah pro.

Selain belajar dari tempat kursus anda juga bisa belajar secara online. Di internet ada banyak sekali referensi pembelajaran coding yang bisa anda dapatkan dalam bentuk video ataupun dalam bentuk tutorial blog. Ini akan membantu anda mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tambahan.

Tapi tentunya anda harus berhati-hati. Jangan sampai apa yang anda pelajari dari internet justru mengacaukan fokus anda belajar dari kursus programming. Salah satu masalah dari pemula yang belajar programming adalah ingin cepat-cepat membuat program atau desain yang keren. Tapi mereka tidak kuat dalam pengetahuan yang mendasar.

Akibatnya mereka akan menjadi sangat lambat dalam pemecahan masalah jika diminta membuat coding untuk fungsi-fungsi tertentu. Mereka menjadi smart boy yang pintar mengedit sesuatu namun bukan smart guy yang pintar membuat fungsi apapun yang dibutuhkannya.

Jadi sangat diharapkan anda bisa lebih fokus dalam mengikuti kursus programming jika anda berharap bisa mempunyai kemampuan pengkodean yang mumpuni. Saat ini sudah ada beberapa lembaga pendidikan yang menyediakan program belajar coding yang terbaik yang bisa anda ikuti. Program ini rata-rata ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *