panel surya di atas atap
Teknologi

Tips Memasang Panel Tenaga Surya Di Rumah

Matahari bersinar hampir sepanjang tahun di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk pemanfaatan listrik tenaga surya. Terlebih lagi setelah perkembangan teknologi semakin maju dan ukuran dari panel tenaga surya semakin kecil.

Ada semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan panel tenaga surya ini terlebih lagi mereka yang tinggal di kawasan yang belum mendapatkan aliran listrik dari PLN. Mereka lebih memilih untuk menggunakan panel tenaga surya karena panel tenaga surya ini lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan genset.

Jika kita menggunakan genset maka tentu saja kita harus selalu menyiapkan bahan bakar untuk menggerakkan genset tersebut. Ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan jika kita tinggal di kawasan pedalaman. Panel tenaga surya tidak memerlukan bahan bakar; jadi hanya dengan sekali merangkai panel tenaga surya ini langsung bisa kita gunakan untuk waktu yang lama.

Keunggulan lain dari panel tenaga surya adalah tidak menimbulkan kebisingan. Panel tenaga surya tidak mempunyai komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara yang berisik yang bisa mengganggu istirahat. Dan oleh karena tidak adanya komponen yang bergerak ini maka panel tenaga surya juga minim perawatan. Anda tidak harus mengganti komponen-komponen yang aus seperti jika anda menggunakan genset.

Hal inilah yang membuat ada banyak orang yang tertarik untuk membeli panel tenaga surya. Yang menjadi masalah adalah pada saat anda tinggal di kawasan pedalaman dan terus saja anda tidak bisa menggunakan layanan jasa teknisi untuk memasang panel tenaga surya ini. Jadi anda harus meminta penjelasan yang selengkap mungkin distributor yang menjual panel tenaga surya tersebut.

Anda harus benar-benar sudah paham bagaimana cara merangkai panel tenaga surya tersebut sebelum anda membawanya ke daerah pedalaman. Biasanya panel tenaga surya ini akan terdiri dari tiga komponen utama yaitu solar cell, baterai, dan inverter.

Baterai adalah komponen yang akan menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh solar cell sehingga anda bisa menggunakan energi listrik ini walaupun matahari dalam keadaan tertutup awan mendung. Sedangkan inverter adalah peralatan yang akan mengubah listrik arus searah yang dikeluarkan oleh baterai menjadi listrik arus bolak-balik yang bisa digunakan untuk menyalakan peralatan elektronik dirumah anda.

Jika anda mempunyai sumber energi listrik selain panel tenaga surya ini maka mungkin anda perlu memasang sistem saklar. Tidak ada hal khusus yang perlu anda perhatikan pada saat anda merakit panel tenaga surya ini anda hanya perlu memastikan agar panel tenaga surya ini bisa terkena sinar matahari tanpa terhalangi oleh objek tertentu. Jadi anda harus mempelajari pola lintasan matahari di daerah anda.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena pada musim-musim tertentu matahari akan cenderung berada di bagian utara sedangkan di musim yang lainnya matahari akan cenderung berada di bagian selatan. Anda harus memastikan bahwa pola lintasan matahari ini tidak akan terhalangi oleh tanaman ataupun dinding rumah tetangga.

Tentunya ini tidak menjadi masalah bagi anda jika anda tinggal di kawasan yang yang jarang penduduknya. Anda bisa dengan leluasa mengatur panel tenaga surya yang dipasang di atas atap rumah anda. Anda juga perlu memperhatikan kemiringan dari atap rumah anda supaya panel tenaga surya bisa optimal menghadap ke arah matahari. Jika atap rumah anda terlalu miring maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan dudukan panel tenaga surya. Dudukan ini bisa membantu anda untuk mengatur posisi dan sudut dari panel tenaga surya di rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *