Tips Mengembalikan Kesehatan Setelah Haji

Alhamdulillah, Musim Haji telah usai dilaksanakan, dan jamaah haji dari seluruh penjuru dunia juga mulai kembali ke tanah airnya masing-masing. Para jamaah haji dari Indonesia juga mulai kembali sesuai dengan kloternya masing-masing.

Kami memohon kepada Allah Ta’ala agar segala amal ibadah kaum muslimin dan muslimat yang telah menjalankan ibadah haji Allah terima dan mendapatkan Haji yang mabrur.

Setiap orang sangat ingin menjejakkan kaki di tanah suci Mekah. Setiap orang yang beriman sangat ingin melihat Ka’bah di Mekah Al Mukarromah. Setiap mukmin juga ingin menyempurnakan rukun Islam kelima, terutama jika ia sudah memiliki properti dan kemampuan fisik. Ketika keinginan ini tercapai dan ziarah telah dilakukan, seseorang yang seharusnya melakukannya harus lebih baik setelah itu. Namun tidak sedikit jamaah haji yang kondisinya sama atau bahkan lebih “turun” dari sebelumnya. Padahal ziarah terbaik adalah haji yang sangat mahal. Ziarah seperti itu adalah surga. Tentunya semua juga menginginkan kesenangan yang luar biasa.

Keutamaan Ibadah Haji

Dari Ibnu Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْغَازِى فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ وَفْدُ اللَّهِ دَعَاهُمْ فَأَجَابُوهُ وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893)

Para pakar fiqh mengatakan bahwa yang dimaksud dengan haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori dengan kemaksiatan pada saat melaksanakan rangkaian manasiknya. Sedangkan Al Faro’ berpendapat bahwa haji mabrur adalah jika sepulang haji tidak lagi hobi bermaksiat. Dua pendapat ini disebutkan oleh Ibnul ‘Arabi.

Bagi anda yang menjalankan Haji dengan Haji Furoda, merupakan kenikmatan yang tiada tara, karena anda tidak perlu menunggu antrian kuota yang lama, namun dengan demikian tidaklah mengurangi ibadah haji yang dijalankan oleh kaum muslimin dan musliman melalui program haji reguler maupun haji khusus dari pemerintah Indonesia.

Tips Mengembalikan Kesehatan Setelah Haji

  1. Beristirahat yang cukup, bagaimanapun juga anda telah melaksanakan perjalanan yang melelahkan, antrian di bandara, kondisi di pesawat akan membuat kondisi fisik anda kelelahan. Istrihat yang cukup dapat memulihkan kembali kondisi fisik anda.
  2. Olahraga yang cukup, mulai lagi olahraga-olahraga ringan seperti jalan pagi atau bersepeda santai, untuk mengembalikan suasana akan tanah air yang telah anda tinggalkan hampir 1 bulan lamanya.
  3. Konsumsi Vitamin yang cukup, atur kebutuhan akan vitamin di tubuh anda dan konsultasikan ke dokter anda akan hal ini.
  4. Rutin beribadah, tentunya sekembalinya ke tanah air sebagai wujud dari ibadah haji yang telah anda laksanakan, kembali lagi dengan rutinitas ibadah adalah obat juga bagi kondisi fisik anda.
  5. Kunjungi tetangga dan kerabat anda, mulai lagi obrolan-obrolan dengan mereka, karena perjalanan haji anda selama 1 bulan akan membuat anda rindu dengan aktifitas ini.

Artikel dokter dari ihram ini juga dapat membantu anda mendapatkan ilmu dari pakarnya terkait kesehatan anda pasca melaksanakan ibadah haji.

Kami doakan agar anda semua senantiasa diberikan keberkahaan dari Allah Ta’ala dan meraih Haji yang Mabrur. Aamiin.