Ini 3 Situs Islam yang Membahas Tafsir Mimpi

Mimpi adalah sesuatu yang pasti terjadi dalam tidur manusia. Seorang bisa saja bermimpi sesuatu yang menggembirakan hingga ia dibuatnya tersenyum saat terbangun.

Namun seringkali juga ia mimpi tentang sesuatu yang membuanya sedih dan ketakutan. Tetapi juga ada model mimpi yang tidak berarti apa-apa dalam kehidupannya.

Namun tahukah kamu, bahwa mimpi dalam Islam ini ada yang bisa dimaknai dengan makna tertentu. Apalagi semakin dekat seorang dengan akhir zaman, semakin mimpi seorang mukmin itu lebih mendekati kenyataan.

Sebab mimpi benar atau ru’ya shodiqoh seorang yang shaleh itu merupakan salah satu bagian dari nubuwah.

Dalam hadist shahih Bukhari Muslim disebutkan, mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian.

Tentunya mimpi itu adalah mimpi yang disebut sebagai mimpi yang benar. Ia tidak bisa diupayakan, tetapi hanyalah bagian dari bisyaroh (kabar gembira) untuk orang-orang beriman.

Namun, perihal mimpi ini adalah sesuatu yang sifatnya ghaib. Mimpi yang benar akan berjalan sendiri, tidak bisa diusahakan atau dibelokkan dalam mimpinya. Namun ini murni anugrah atas sesuatu.

Nah, untuk memperdalam tentang tafsir mimpi alangkah baiknya jika merujuk kepada beberapa situs Islami berikut ini, yang sering juga membahas takwil mimpi menurut para ulama’.

Para ulama’ bukanlah kahin (tukang ramal) namun saat menakwil mimpi mereka mentafsirkannya sesuai dengan tafsir dalil quran sunnah dan juga kebiasaan makna bahasa di suatu tempat. Sembari itu mereka juga menekankan bahwa tidak ada yang dapat memberi manfaat atau madharat kecuali atas izin Allah saja.

Berikut 3 situs islami yang membahas tentang tafsir mimpi.

Salikun.com

Saat artikel ini dibuat, salikun.com adalah salah satu website islami yang sering membahas tafsir mimpi. Meskipun terbilang muda, website ini juga sering mengkaji beberapa permasalahan dalam sudut pandang ulama’ islam. Tak terkecuali dalam tafsir mimpi.

Dalam sejarah ulama’ Islam, ulama’ yang paling sering menafsirkan mimpi adalah Muhammad bin Sirin. Ia adalah murid dari beberapa sahabat senior Nabi seperti Ibnu Abbas, Ibnu Masud, Khalid bin Walid dan lainnya.

Diantara tafsir mimpi yang dibahas dalam situs salikun.com adalah arti mimpi gigi copot, mimpi bertemu ular, mimpi hamil, mimpi ikan, mimpi kuda, mimpi bertemu orang meninggal, mimpi buang air dan banyak lainnya yang bisa didapat dari situs ini.

Wisatanabawi.com

Situs kedua rekomendasi tentang tafsir mimpi adalah website wisatanabawi.com. Dahulu laman ini dibawah bimbingan almarhum Prof, Musthafa Ali Ya’qub, Imam Besar masjid Istiqlal Jakarta.

Namun, setelah meninggal dunia, situs ini kemudian dilanjutkan oleh murid-murid dan rekan beliau untuk mendakwahkan Islam secara umum.

Diantara yang diulas bahakan dalam beberapa postingannya adalah tentang tafsir mimpi. Ulasan takwil mimpi ini juga disadurkan dari perkataan para ulama’ semisal Ibnu Sirin sebagai generasi awal, dan beberapa ulama’ mutaakhirin seperti syaikh Abdul Ghani an Nabulsi dan lainnya.

Islampos.com

Situs islam ketiga yang juga membahas masalah takwil mimpi adalah website islampos.com. Selain bernuansa islami, situs ini juga sering mengupdate beberapa berita populer dari dunia Islam.

Jadi lebih berwarna dengan konten berita islami, disamping menyajikan kajian ruhani islami yang dapat menyuburkan keimanan seorang muslim.

Kebanyakan takwil mimpinya berbicara dari sumbernya langsung yaitu Ibnu Sirin yang memiliki karya berjudul Ta’bir Ru’ya (Tafsir mimpi).

Bahkan buku yang dinisbatkan kepada ulama’ tabiin ini dikaji juga oleh cendekiawan non muslim di eropa.

 

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *