Mengenal beberapa jenis hosting

Saat ini anda tentu sudah sering melihat website yang online di internet. Hanya saja anda mungkin tidak paham bagaimana caranya agar website tersebut bisa online. Untuk itu anda perlu belajar bagaimana cara membuat website. Hal yang paling pertama yang perlu anda pelajari adalah bagaimana anda bisa membuat website online. Untuk melakukan ini, maka tentunya anda harus mengetahui apa yang disebut sebagai hosting.

Hosting adalah sebuah sistem penyimpanan file secara online yang memungkinkan file itu diakses secara online oleh orang-orang yang memerlukannya. Adapun saat ini ada beberapa jenis layanan hosting yang ditawarkan di internet yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih layanan ini sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda tidak mengetahui pembagian ini, maka mungkin anda membeli layanan yang sama sekali tidak anda butuhkan.

Layanan yang paling dasar adalah shared hosting atau hosting berbagi. Jika anda menggunakan layanan ini, maka website anda akan dihosting di satu server bersama-sama dengan ratusan website lainnya. Ini bisa mengakibatkan website anda berbagi sumberdaya server bersama website lainnya. Jadi jika ada website yang mendapat trafik yang besar, maka website anda juga bisa ikut merasakan penurunan kecepatan karena terpakainya sumberdaya bersama. Biasanya ini adalah opsi yang paling umum dilakukan jika seseorang baru membuat website dan trafiknya masih minim.

Berikutnya adalah layanan cloud hosting di mana website anda akan dipasangkan pada sebuah jaringan server yang terintegrasi sehingga tidak ada masalah downtime website yang terpasang pada sistem cloud ini akan bisa mengalihkan trafik ke server lain jika servernya mengalami masalah atau perbaikan. Ini tentunya akan berpengaruh pada keandalan server pada saat menerima pengunjung. Mungkin ini bukan masalah yang terlalu serius jika trafik anda masih sangat sedikit.

Selanjutnya adalah server VPS yang pada dasarnya masih tergolong shared hosting namun website anda akan diinstal pada layer yang terpisah dari website lain secara virtual. Jadi akan ada sumberdaya yang dialokasikan khusus hanya untuk website anda. Ini akan membuat website anda menjadi lebih stabil daripada saat anda menggunakan shared hosting.

Terakhir adalah dedicated server di mana website anda akan dipasangkan pada satu server yang memang dikhususkan hanya untuk website anda saja. Ini adalah opsi yang terbaik bagi website yang mempunyai trafik yang sudah sangat besar. Baik server VPS ataupun dedicated server ini memberikan akses yang leluasa untuk anda mengatur server hosting. Ini sangat sesuai bagi website yang sudah mendapatkan trafik puluhan ribu hingga ratusan ribu per hari.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *