Mengapa Banyak Yang Mencari ISO 9001

Mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk membeli sebuah produk baru bukanlah hal yang mudah. Saat ini ada banyak sekali produk berkualitas rendah yang beredar di pasaran yang justru bisa membuat pembelinya mendapatkan bahaya.

Misalnya produk-produk makanan ataupun kosmetik yang bisa berhubungan langsung dengan kesehatan penggunanya. Produk seperti ini membutuhkan banyak sekali jaminan untuk bisa meyakinkan masyarakat.

Biasanya mereka berusaha meyakinkan masyarakat dengan melakukan promosi yang gencar gencar and. Karena dengan melakukan promosi yang gencar gencar and mereka akan menimbulkan image bahwa mereka adalah perusahaan yang bonafit sehingga masyarakat akan beranggapan bahwa mereka pastilah profesional.

Yang menjadi masalah adalah promosi itu saja tidaklah cukup. Seringkali masyarakat mengharapkan faktor-faktor pendukung lainnya. Salah satu faktor-faktor pendukung lainnya adalah berbagai sertifikat yang harus didapatkan oleh sebuah produk. Misalnya sebuah produk makanan harus mendapatkan sertifikat halal jika ingin mendapatkan pasar di indonesia yang mayoritas beragama islam.

Selain sertifikat halal ada juga sertifikat SNI yang menandakan bahwa sebuah produk sudah memenuhi standar kualitas yang berlaku di indonesia selain itu kita juga mengenal istilah ISO. Sertifikat ISO adalah sebuah sertifikat yang menjadi jaminan mutu untuk kelas internasional. Ada beragam tipe dari sertifikat ISO ini namun yang paling kita kenal saat ini adalah sertifikat ISO 9001.

Sertifikat ISO 9001 adalah sebuah sertifikat yang memberikan jaminan kualitas terhadap suatu produk ataupun jasa. Jadi jikalau anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini maka anda akan lebih mudah meyakinkan orang-orang untuk membeli produk anda. Tentunya untuk mendaftarkan perusahaan anda ke lembaga konsultan ISO anda akan memerlukan biaya.

Anda juga kemungkinan besar akan mengeluarkan biaya tambahan jikalau konsultan ISO anda memberikan rekomendasi perbaikan. Tentunya perbaikan-perbaikan ini akan memerlukan berbagai perubahan yang akan mengeluarkan budget perusahaan anda.

Tetapi tetap saja banyak orang yang berusaha mendapatkan sertifikat ISO ini karena berpandangan bahwa sertifikat ISO ini akan mendatangkan konsumen dalam jumlah yang besar. Ini jauh lebih berguna dibandingkan mereka harus menghabiskan tenaga untuk meyakinkan pasar bahwa produk mereka mempunyai kualitas.

Sebagai contoh sebuah produk lampu biasa ditawarkan di toko-toko. Sangat sulit bagi marketing untuk meyakinkan toko agar mengambil produk mereka jikalau produk mereka belum memenuhi standar nasional indonesia atau pun belum mendapatkan sertifikat ISO 9001. Hal itu dikarenakan toko pun mempunyai pelanggan yang harus mereka jaga kesetiaannya.

Toko kuatir jikalau mereka memberikan produk yang berkualitas jelek ke pelanggan pelanggan mereka. Jika tenaga marketing gagal meyakinkan toko-toko untuk mengambil produk perusahaan mereka maka bisa dibayangkan kedepannya bagaimana sulitnya penjualan dari produk itu. Jadi inilah kelebihan yang dimiliki oleh produk-produk yang sudah mendapatkan berbagai sertifikat yang terkait dengan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *