Kurma Ajwa, Buah Istimewa yang disukai Umat Islam

Kurma ajwa merupakan buah yang biasa tumbuh di tanah kering atau daerah yang panas, khususnya Jazirah Arab. Bagi jamaah haji atau umrah yang hendak pulang kampung, kurang afdhal rasanya jika tak membawa buah kurma ajwa sebagai oleh-oleh. Buah mungil yang satu ini merupakan salah satu dari banyaknya jenis kurma lainnya yang ada di Jazirah Arab dan Kota Madinah.Keistimewaan kurma ajwa

Menurut sejarah, nama kurma ajwa berasal dari salah satu nama putri dari Salman Al-Farizi yang menghibahkan kebun kurmanya untuk Islam. Oleh karena itu, nabi memberikan nama “Ajwah” atau kurma ajwa sebagai pengormatan.

Kurma ajwa berbeda dengan kurma lainnya. Kurma ajwa memiliki ciri-ciri yaitu tekstur kulitnya lebih kasar dari kurma lain, ukurannya lebih kecil, dan warnanya lebih hitam. Selain itu, kurma ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis seperti kurma lainnya.

Keistimewaan Kurma Ajwa

Tahukah Anda, kurma merupakan buah yang istimewa karena disukai oleh Nabi Muhammad, khususnya kurma ajwa. Kurma ajwa merupakan buah yang spesial karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, memakan kurma, termasuk kurma ajwa, merupakan sunnah nabi. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

Selain yang telah disebutkan di atas, kurma ajwa memiliki banyak keistimewaan yang lain. Anda penasaran? Berikut ini akan dijelaskan keistimewaan kurma ajwa.

1. Dapat menangkal racun dan sihir

Kurma ajwa merupakan buah yang istimewa karena dapat menangkal dari racun dan sihir. Keistimewaan ini terdapat dalam hadits:
“Barangsiapamengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”(HR. Imam Bukhori dan Muslim)

2. Buah yang berasal dari surga

Buah kurma ajwaadalah buah yang sangat istimewa karena disebutkan oleh Rasulullah bahwa buah ini merupakan buah yang berasal dari surga. Hal ini terdapat dalam hadits:
“Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun.” (HR Ibnu Majah)

3. Manfaatnya banyak

Selain yang sudah disebutkan oleh hadits di atas, kurma ajwa juga memiliki keistimewaan lain karena manfaatnya sangat banyak. Kandungan nutrisi dalam buah kurma ajwa dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, kurma ajwa juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menutrisi bayi. Nutrisi yang terkandung dalam kurma ajwa di antaranya yaitu: glukosa alami, serat, protein, vit A dan C, potassium, dan masih banyak lagi.

Demikian adalah keistimewaan buah kurma ajwa, buah yang disukai oleh Rasulullah. Mengonsumsi buah ini sama saja kita melaksanakan sunnah Beliau. O iya, khusus untuk ibu hamil yang ingin janinnya berkembang dengan baik dan terlahir sempurna dengan kecerdasan otak yang tinggi, maka sangat disarankan konsumsi kurma ajwa secara rutin semasa kehamilan.

Selain baik untuk janin, konsumsi kurma ajwa dengan rutin juga sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil diantaranya dapat meningkatan produksi asi, meningkatkan stamina, mencegah anemia dan mempermudah proses persalinan, Jadi sangat rekomended konsumsi kurma ajwa secara rutin khusus ibu hamil agar ibu sehat dan bayi sehat.

Sumber :
https://www.gomuslim.co.id/
https://www.kurmasehat.com/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *