INOVASI LAYANAN APOTEK ONLINE

Saat ini kesehatan menjadi masalah yang sangat penting, karena kita masih ada dalam kondisi pandemic Covid. Hal ini membuat ada banyak orang yang berusaha memelihara kesehatan mereka dengan lebih intensif lagi.

Yang menjadi masalah adalah saat ini banyak orang di daerah kesulitan untuk mendapatkan obat-obatan atau vitamin yang bisa membantu mereka menjaga kesehatan dengan lebih baik lagi.

Biasanya di daerah yang jauh dari perkotaan akan sangat sulit didapatkan apotek yang menyediakan obat-obatan yang berkualitas.

Bahkan obat-obatan yang umum saja biasanya tidak lengkap. Kondisi seperti ini tentunya membutuhkan solusi yang bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhannya akan obat-obatan.

Salah satu solusi yang saat ini mulai menjadi trend adalah bermunculannya apotek online yang bisa membantu masyarakat mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan secara online.

Masyarakat bisa memsan obat-obatan ini secara online dan nantinya akan dikirimkan menggunakan jasa kurir ke alamat bersangkutan di daerah.

Jadi masyarakat yang ada di daerah pedesaan juga sudah bisa mendapatkan obat-obatan yang mereka butuhkan dengan mudah. Tentunya ini bisa menjadi sesuatu yang sangat membantu masyarakat di pedesaan, karena angka sebaran covid di daerah juga sudah sangat tinggi.

Ada banyak masyarakat yang mencari vitamin, dan obat-obatan yang bisa meredakan gejala-gejala penyakit yang dicurigai sebagai penyakit covid.

Tentu saja apotek online ini bukan hanya memudahkan mereka yang terkena covid, namun semua keluhan kesehatan lainnya.

Tapi di sisi lain ini bisa menjadi masalah bagi bisnis apotek di pedesaan, karena lambat laun, masyarakat akan terbiasa membeli obat-obatan secara online sehingga apotek yang ada di pedesaan akan kehilangan pembeli.

Apotek yang ada di pedesaan biasanya juga tidak menyediakan obat-obatan yang harus menggunakan resep dokter, karena biasanya di pedesaan, jarang sekali ada dokter atau rumah sakit.

Masyarakat biasanya harus berobat ke perkotaan atau kabupaten jika memerlukan dokter ataupun obat-obatan paten yang harus menggunakan resep dokter.

Jadi konsep apotek online ini tentu saja mempunyai 2 sisi. Ada yang akan diuntungkan dan akan ada juga yang dirugikan. Namun pada akhirnya ini semua adalah bisnis dan setiap orang tentu bebas bersaing untuk mendapatkan pembeli.

Hanya saja apotek online saat ini masih harus membatasi pembelian obat-obatan pada obat yang bisa dijual bebas. Hal ini untuk menghindari orang-orang yang memanfaatkan sistem online untuk mendapatkan obat-obatan yang memerlukan resep dokter.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada banyak orang yang memalsukan resep untuk mendapatkan obat-obatan tertentu, dan ini bisa saja semakin banyak dilakukan jika sistem apotek online ini tidak dikontrol dengan baik.

Oleh karena itu pemerintah harus membuat serangkaian aturan yang bisa mengatur penjualan obat melalui apotek online ini.

Jika tidak nantinya apotek malah kehilangan salah satu fungsi utamanya sebagai bagian dari pengawasan peredaran obat yang ada di masyarakat.

Bagi apotek yang mau mengadaptasi sistem apotek online ini, sangat direkomendasikan agar membuat sistem yang bisa membantu mencegah penjualan obat-obatan keras ke masyarakat.

Sistem ini perlu dikembangkan, karena pada dasarnya obat-obat keras pun sering sangat sulit ditemukan di daerah-daerah tertentu.

Seandainya bisa ditemukan sistem yang bisa mengawasi penjualan obat keras secara online, maka tentunya ini akan bisa sangat membantu banyak orang yang sangat memerlukan obat-obatan ini.

Tentunya sistem ini sangat mungkin akan terus berkembang, karena teknologi dan inovasi saat ini semakin pesat perkembangannya.

Jika sistem pembayaran yang memerlukan trust sudah bisa dilakukan secara online, maka sistem resep yang juga memerlukan trust pasti bisa dikembangkan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *