Ini 5 Mimpi Paling Sering Dialami Manusia dan Artinya

Ada banyak teori yang membicarakan tentang arti mimpi. Ada yang melihat dari sudut pandang psikologi, dari sudut pandang khazanah keislaman dan dari sudut pandang kejawen.

Diantara ahli tafsir mimpi dari kalangan Muslim adalah Muhammad bin Sirin. Ia pernah menulis tentang tafsir mimpi dengan judul buku tafsir ahlam.

Ibnu sirin pernah mengatakan bahwa mimpi yang benar dan dapat dipercaya itu ada 2 macam.

Yang pertama adalah mimpi benar yang tsudah tidak perlu penafsiran lagi. Hal ini karena orang yang bermimpi adalah orang yang jujur, dan mimpi yang dilihat sangat amat jelas.

Yang kedua adalah mimpi yang masih membutuhkan metode tafsir mimpi. Sebab mimpi jenis ini mengandung hikmah dan arti yang mendalam. Dan tidak semua orang mampu memberi tafsir mimpi.

Berikut ini 3 mimpi paling sering dialami manusia beserta artinya menurut para ulama’ islam.

  1. Mimpi Melihat Ular

Mimpi yang sering dijumpai oleh sebagian manusia adalah mimpi melihat ular. Menurut Ibnu Sirin dalam Tafsir Ahlam, bahwa mimpi ular erat adalah simbol dan makna dari kehidupan, musuh, dan negara.

Dalam bahasa arab ular disebut dengan al hayah bentuk pluralnya adalah hayaatt. Dan kata ini memiliki susunan huruf sama dengan al hayaah yang berarti kehidupan.

Sementara menurut ulama’ lainnya, bahwa mimpi ular itu erat kaitannya dengan simbol permusuhan.

Mimpi ada ular mati, berarti simbol bahwa akan ada musuh seseorang yang meninggal dunia.

  1. Mimpi Meninggal Dunia

Termasuk mimpi yang sering dilihat manusia, adalah mimpi meninggal dunia. Baik itu dirinya yang meninggal dunia. Atau bertemu dengan orang yang pernah meninggal dunia.

Menurut para ulama’ ahli tafsir mimpi, bahwa mimpi mati suri (meninggal kemudian hidup lagi) artinya ada dosa yang ditaubati oleh pemiliknya. Pemiliknya termasuk orang yang bertaubat kepada Allah swt.

Barangsiapa yang bermimpi bertemu orang mati, maka itu simbol mendapatkan harta benda. Namun jika yang dimimpikan adalah kabar kematian seseorang maka itu berarti ada kabar tentang rusaknya agama sesorang, karena meningkatnya sisi duniawi.

  1. Mimpi Rambut Rontok

Mimpi yang paling sering dijumpai manusia lainnya adalah mimpi rambut rontok. Rontok sendiri atau karena dicukur.

Mimpi potong rambut dengan dicukur bisa diartikan sebagai simbol penghapusan dosa-dosa seseorang.

Namun jika saat itu si pemimpi punya hutang banyak kepada seseorang, itu berarti simbol hutangnya akan terpangkas atau terlunasi sebagaimana rambutnya terpotong.

Jadi mimpi rambut hilang atau gundul secara umum maknanya akan ada sesuatu yang hilang dari diri seseorang. Dan setiap orang berbeda-beda keadaan dan kondisinya masing-masing.

  1. Mimpi Menangis

Mimpi menangis bisa diartikan sebagai hal yang menyejukkan mata. Tetapi jika tangisan itu amat keras dengan disertai meratapi suatu hal, maka hal itu justru tidak baik.

Menurut sebagian ulama’, siapa yang bermimpi menangis karena takut Allah berarti itu tanda baik, bahwa ia takut kepada sang Penciptanya.

Mimpi menangis juga bisa diartikan akan hadirnya hujan di suatu tempat yang jarang terjadi hujan.

  1. Mimpi Hubungan Intim

Menurut sebagian ulama’ ahli takwil mimpi, bahwa mimpi hubungan intim itu berarti tanda akan mendapatkan hal yang diinginkan.

Namun menurut sebagian ulama’ lainnya yaitu Ibnu Sirin, bahwa mimpi besetubuh itu tidak perlu ditakwil. Meskipun tidak keluar air mani.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *