Cara jitu menenangkan hati dan pikiran yang sedang galau

Cara menenangkan hati dan pikiran bisa dilakukan dengan banyak hal mulai dari berdzikir, berpikir positif, hingga melakukan olahraga fisik ternyata mampu dalam mengurangi kegalauan hati.

Hati yang tidak tenang lantaran memiliki banyak masalah bisa sangat berpengaruh pada kesehatan mental kita. Jika hal ini terus terjadi tentunya akan sangat mengganggu aktivitas. Lantas bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk membantu menenangkan hati serta pikiran? Berikut beberapa tipsnya untuk anda:

Perbanyak ibadah

Salah satu yang membuat hati anda sering gelisah adalah kurangnya kedekatan anda dengan sang pencipta. Padahal kedekatan seorang hamba dengan sang maha pencipta ini sangat mempengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang.

Oleh sebab itu, bagi anda yang sering merasa gelisah cobalah untuk lebih memperbanyak ibadah. Melakukan ibadah seperti salat serta membaca al-quran akan banyak membantu anda dalam menenangkan hati serta pikiran.

Buang pikiran negatif

Salah satu penyebab yang membuat hati dan pikiran anda menjadi tidak tenang adalah adanya pikiran negatif. Pikiran negatif seperti ini harus anda buang jauh -jauh jika ingin memiliki hati yang tenteram.

Pikiran yang negatif akan selalu membawa pada hal yang negatif pula. Jadi anda tidak memiliki pilihan lain selain mencoba untuk menghilangkannya untuk menenangkan hati.

Selalu bersyukur dalam hidup

Bersyukur memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan anda. Salah satunya adalah membantu menenangkan hati yang sedih dan galau. Dengan bersyukur nikmat yang sedikit akan menjadi banyak.

Tetapi dengan tidak adanya rasa syukur maka nikmat yang banyak akan kelihatan sedikit. Bersyukur bukan hanya wajib bagi setiap muslim tetapi juga sangat berguna dalam mensejahterakan hati anda.

Hindari prasangka buruk

Cara menenangkan hati dan pikiran yang selanjutnya adalah dengan mencoba untuk menghindari prasangka buruk. Prasangka buruk itu hanya akan mendatangkan was-was dan kegelisahan dalam hati anda.

Prasangka buruk akan terus menghantui anda sehingga masalah yang kecil seolah-olah akan menjadi besar. Perasaan ini akan membuat anda selalu berpikir pesimis dan selalu menganggap semua hal itu sulit untuk dilakukan.

Perbanyak sosialisasi

Biasanya orang yang sering galau dan sedih adalah mereka yang terlalu banyak mengurung diri di rumah. Oleh sebab itu anda harus sering bersosialisasi dengan teman atau kerabat.

Bertemu dengan teman atau kerabat terkadang bisa melupakan masalah yang sedang anda alami. Langkah ini sangat baik sekali untuk membuat hati dan pikiran anda menjadi lebih tenang dan fresh.

Cobalah lebih percaya diri

Kepercayaan diri yang tinggi bisa membantu menenangkan pikiran anda. Dengan rasa percaya diri yang tinggi anda akan memiliki keyakinan yang kuat untuk bisa menyelesaikan semua permasalahan yang anda alami.

Kepercayaan diri juga akan meningkatkan semangat serta gairah dalam menjalani kehidupan. Keduanya adalah modal paling berharga untuk meningkatkan kesehatan mental anda secara keseluruhan.

Lakukan hobi anda

Menghibur diri dengan mengerjakan hobi atau kesukaan anda bisa membantu menghilangkan kegalauan hati. Jika anda memiliki hobi cobalah untuk sering melakukannya. Ini bukan hanya sekedar menenangkan hati tetapi juga bisa membantu mengasah bakat anda.

Hibur diri anda

Terkadang seseorang membutuhkan hiburan untuk membuat pikiran menjadi lebih fresh dan tenang. Tetapi sebaiknya anda jangan salah dalam memilih hiburan. Anda bisa menghibur diri dengan cara rekreasi atau sekadar mencari sesuatu yang bisa membuat anda tersenyum di internet. Jadi menghibur diri tidak harus mengeluarkan banyak uang.

Kurangi menonton film

Menurut laporan banyak orang, menonton film ternyata bisa mempengaruhi suasana hati seseorang. Ada dua jenis film yang sebaiknya anda hindari untuk ditonton, yang pertama adalah jenis film horor dan yang kedua adalah film yang terlalu menyedihkan.

Terkadang saat menonton film kita memang terbawa perasaan oleh adegan yang ada di film tersebut. Ini tentunya akan berefek kurang baik terutama jika anda adalah tipe orang yang mudah terbawa perasaan. Oleh sebab itu sebaiknya hindari terlalu sering menonton film terutama di saat menjelang tidur.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *