CARA KERJA WEB HOSTING

Saat ini semakin banyak penyedia jasa web hosting di Indonesia yang menawarkan berbagai paket dengan berbagai pilihan harga yang sangat bersaing. Banyak penyedia web hosting yang berlomba-lomba memberikan harga yang murah Karena Tingginya tingkat persaingan web hosting di Indonesia. Jika saat ini anda tertarik untuk menggunakan jasa web hosting, ada baiknya anda mengetahui cara kerja dari web hosting agar anda tidak mudah terbujuk dengan harga yang murah namun dengan kualitas layanan yang buruk.

Server hosting dapat diibaratkan seperti CPU namun dengan performa yang lebih optimal. Server memiliki daya tampung yang lebih besar, lebih cepat dan lebih kuat namun biasanya tidak memiliki monitor dan keyboard, tapi intinya server bekerja layaknya sebuah komputer pribadi. Suatu server perlu bekerja secara optimal agar dapat menampung jalur traffic yang besar.

Layaknya komputer, laptop dan smartphone, server juga memiliki sistem operasi. Sebagai contoh jika Anda menggunakan PC maka sistem operasi Anda adalah Windows, jika Anda menggunakan MAC maka anda memiliki OSX, sementara smartphone anda mungkin bekerja dengan menggunakan sistem operasi Android atau iOS. Begitu pula dengan server, kebanyakan server menggunakan sistem operasi Linux.

Anda tidak perlu khawatir Walaupun anda tidak akrab dengan sistem operasi Linux ini. Memang di Indonesia linux kurang populer digunakan sebagai komputer pribadi tetapi Linux hampir menjadi standar mutlak dalam pengoperasian server. Walaupun anda tidak akrab dengan sistem ini tetapi perusahaan web hosting telah memberikan control panel, utilitas manajemen dan alat penginstalan yang dapat memudahkan anda untuk mengoperasikan Linux.

Memang ada beberapa paket web hosting yang menawarkan sistem operasi menggunakan Windows. Namun walaupun komputer Anda berjalan dengan sistem operasi Windows tidak berarti server yang Anda gunakan juga harus berjalan dalam sistem operasi Windows. Sama sekali tidak ada manfaatnya untuk mencocokkan kedua sistem operasi ini. Satu-satunya alasan menggunakan sistem operasi Windows untuk server anda hanya jika anda anda jika anda anda ingin menggunakan beberapa perangkat yang tidak berjalan di sistem operasi Linux seperti .Net, ASP atau Microsoft silverlight.

Di dalam server terdapat software web server yang fungsinya adalah untuk menanggapi permintaan dari internet. Sebagai contoh jika Anda mengetik Link di halaman pencarian web server akan bekerja untuk mencari link tersebut di server yang menghosting link tersebut dan menampilkannya di halaman Browser. Intinya, software web server berfungsi sebagai mediator antara internet dan server yang menghosting.

Software web server yang paling umum ditemukan adalah Apache dan nginx. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows maka anda akan menggunakan web server IIS. Tapi jika website anda memiliki kebutuhan khusus maka Apache dapat menjadi pilihan yang paling tepat.

Hal lain yang harus anda perhatikan dari layanan web hosting adalah sistem manajemen database. Kebanyakan situs membutuhkan sistem manajemen database untuk menyimpan konten seperti postingan blog, informasi produk, dan data pelanggan. Sistem manajemen database yang paling banyak digunakan adalah MySQL. My SQL adalah sistem database yang sangat kuat dan dapat melakukan relasional data yang sangat kompleks.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih paket layanan web hosting di Indonesia. Saat anda ingin memilih paket layanan web hosting Jangan hanya memperhatikan harga yang murah saja tapi juga perhatikan detail detail fitur layanan yang disertakan dalam paket tersebut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *