Tips

Beberapa Tips Untuk Kelancaran Ibadah Umroh

Melakukan umroh pasti sesuatu yang dinanti-nantikan oleh setiap orang beriman. Gagasan bisa salat dengan tenang di Masjidil Haram, melihat langsung bangunan Ka’bah, mengunjungi tempat-tempat aktif, berziarah ke makam Rasulullah, semoga Allah memberkahi dan memberinya kedamaian, dll. sudah ada dalam pikiran.

Namun, ada beberapa teknis yang harus Anda pahami agar ibadah umroh Anda tidak terjebak dalam mengatur hal-hal kecil yang membuat Anda ribet selama berada di Tanah Suci.

Berikut 5 tips yang bisa Anda coba selama berada di Rumah Allah, untuk memudahkan menunaikan manasik umroh. Dengarkan baik-baik dari awal sampai akhir!

Tips menggunakan kamar mandi

Bagi yang sedang melaksanakan umroh, sangat dianjurkan untuk menjaga wudhu karena tidak bisa setiap saat wudhu. Tentu Anda tidak akan bisa khusyuk jika harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi apakah Anda akan memenuhi dorongan atau “panggilan alam”, apakah itu buang air kecil atau besar. Pergi ke toilet tidak mudah ketika Anda berada di Masjidil Haram.

Hal ini dikarenakan desain bangunan Masjidil Haram berbeda dengan desain masjid-masjid pada umumnya, Anda harus tahu persis letak toilet di Masjidil Haram. Kamar mandi ini terletak di pelataran masjid tepatnya di sebelah pintu masuk utama yakni Gerbang Raja Abdul Aziz, atau di sebelah pintu keluar Bukit Marawah. Bagi yang berada di masjid mau tidak mau harus berhenti menjalankan ibadah dan keluar dari Masjidil Haram.

Catatan penting lainnya adalah waktu yang Anda habiskan di toilet. Keluar dari masjid bisa memakan waktu hingga 10 menit, belum lagi mengantri untuk sampai ke toilet. Oleh karena itu, saat-saat toilet ramai dengan jemaah sebaiknya dihindari. Kamar mandi biasanya ramai menjelang dimulainya waktu sholat berjamaah seperti Maghrib dan sholat Jumat. Apalagi semua urusan sudah selesai di kamar mandi sebelum memasuki area Masjidil Haram agar tidak perlu keluar masjid lagi di tengah-tengah ibadah.

Tips menyimpan uang dengan aman

Membawa uang tunai merupakan kebutuhan tersendiri bagi Anda saat menunaikan umroh sebagai alat pembayaran selama Anda berada di Rumah Allah. Karena mata uang yang berlaku tidak sama di negara tersebut, Anda harus menukarkan uang terlebih dahulu sebelum berangkat umroh. Anda dapat menukarnya di layanan valuta asing terdekat.

Namun, Anda harus bijak saat membawa uang tunai. Bawa secukupnya saja, bila perlu tuliskan jumlah yang dibutuhkan berada saat di rumah Tuhan, termasuk membeli oleh-oleh sebelum pulang. Jika Anda membawa banyak uang tunai, tentunya Anda akan kesulitan untuk menabung. Ada rasa takut kalah dan sebagainya.

Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini. Bagilah uang Anda ke beberapa tempat, dan jangan disimpan hanya dalam satu kantong! Ini mencegah Anda jika mengalami kerugian, Anda masih memiliki cadangan uang tunai di tempat lain. Bawalah secukupnya dalam tas kecil yang akan Anda bawa kemanapun bahkan saat dibawa ke masjid. Untuk yang lainnya, Anda dapat menyimpannya di tas yang Anda tinggalkan di properti. Simpan di bagian tas yang menurut Anda aman!

Anda juga bisa menaruh uang Anda di ATM, jika Anda butuh uang ambil saja dari ATM. Membawa kartu ATM jauh lebih mudah daripada menyimpan setumpuk uang tunai, bukan? Nah, terakhir kamu bisa mencoba memanfaatkan brankas yang biasanya disediakan oleh hotel tempat kamu menginap. Biasanya hotel bintang empat minimal memiliki fasilitas tersebut. Jika tidak, Anda bisa menggunakan tas travel khusus yang bisa Anda pilih saat bepergian.

Agar tas tidak tertukar dengan jamaah lainnya

Tas merupakan salah satu barang penting yang Anda perlukan saat melakukan perjalanan umroh untuk mengangkut barang-barang yang dibutuhkan selama berada di Rumah Allah. Namun banyak masalah yang muncul akibat banyaknya barang bawaan jamaah lain yang menyebabkan tas tersebut hilang atau tertukar.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda harus menandai tas Anda agar mudah dikenali. Misalnya dengan menempelkan label bendera merah putih untuk mengetahui apakah barang bawaan jemaah haji berasal dari Indonesia. Setelah itu, jangan lupa untuk menggantungkan ID lengkap Anda di tas Anda. Jika perlu, lampirkan juga foto Anda agar lebih meyakinkan. Hal ini untuk menghindari teridentifikasinya bagasi Anda oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Anda juga bisa menggunakan gantungan kunci yang unik dan menakjubkan, yang akan membedakan tas Anda dengan tas travel jamaah lainnya. Biasanya ada yang menghubungkan strip dengan warna yang sama dengan grup satu grup agar lebih mudah Untuk memudahkan pemilihan tas. Usahakan selalu untuk memeriksa tas dan isi tas Anda secara berkala berada saat di baitullah

Tips menyimpan dokumen dan ID penting

Barang yang sangat penting untuk Anda bawa saat menunaikan umroh adalah KTP jamaah dan dokumen penting lainnya. Tanda pengenal ini biasanya berisi nama, umur, negara asal, nama tim, dll sebagai tanda pengenal resmi Anda sebagai jamaah umroh. Dokumen penting lainnya seperti paspor, harus Anda jaga dengan baik agar tidak hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan tas kecil untuk membawa KTP dan dokumen penting agar dapat dibawa kemanapun Anda pergi. Jangan tinggalkan pada orang lain, jangan tinggalkan sembarangan saat wudhu atau tinggalkan saat beribadah. Tetap fokus menjaga barang-barang Anda.

Tips membawa barang-barang kecil

Hal-hal kecil ini tampaknya tidak penting, tetapi Anda harus selalu membawanya sehingga Anda tidak mendapat masalah saat pergi menunaikan umroh. Diantaranya adalah gunting kecil grooming, gunting kuku, pemangkas jenggot, gendongan (fungsinya untuk menjemur pakaian di kamar dan mengikat tas), pengerik telinga, obat penyakit ringan, serta kaos kaki dan sarung tangan agar tidak masuk angin.

Bagi anda yang mau menunaikan ibadah umroh, kami menyediakan paket umroh agustus. Paket ini sangat ideal karena akan memberikan anda waktu yang cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Hubungi kami untuk pemesanan paket umroh Agustus 2023.

.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.